Awalnya, aku selalu bingung. Kenapa Bob terlambat bicara? Kenapa Bob suka menarik diri dari teman-temannya dan asik main sendiri? Kenapa Bob tidak bisa membedakan huruf apalagi mampu merangkainya menjadi kata, padahal teman-teman seusianya sudah lancar membaca? Kenapa Bob tidak bisa duduk tenang ketika belajar, perhatiannya selalu kemana-mana? Kenapa mainannya selalu rusak dalam hitungan hari saja? Kenapa Bob suka melamun?
Masih banyak kenapa-kenapa lainnya yang membuat kepalaku pening memikirkannya. Belum lagi jika keluarga mulai membanding-bandingkan kemampuan Bob dengan sepupunya yang sebaya yang punya kosa kata yang banyak, pandai membaca dan menulis sejak TK, supel, serta berbicara keunggulan anak-anak lainnya yang sebaya tapi tak ada satupun keunggulan itu yang yang dimiliki Bob?
Tak jarang semua itu membuatku marah dan uring-uringan. Aku sampai menghukum Bob menulis satu lembar penuh huruf sampai dia menangis tapi saya tak bergeming. Kupaksa dia menyelesaikannya. Lagian kenapa harus menangis? Itu kan cuma huruf, apa susahnya? Aku menunggunya selama lima belas menit tapi dia tak juga sudi menyentuh pensil dan kertasnya. Dia malah asik menyusun pensil-pensil warnanya dan menjadikannya mainan kereta api.
Aku bingung menghadapi sikap Bob yang keras kepala dan semaunya sendiri. Apa benar anakku 'bermasalah' ?
Jika sudah kesal aku pun memukulnya, meskipun akhirnya diam-diam aku menangis sendiri karena sangat menyesal menyakitinya. Tapi kan tujuanku untuk kebaikannya? Tapi jauh dari lubuk hatiku berkata, tidak sepantasnya tujuan yang mulia dieksekusi dengan cara yang menyakiti, apalagi menyakiti buah hatiku sendiri.
Aku pun sibuk mencari-cari informasi apapun yang bias kujadikan referensi karena aku ingin mengetahui permasalahan Bob dan ingin mendidik dengan cara yang benar sesuai karakternya yang diam-diam tapi keras itu. Akhirnya aku pun menemukan Program Observasi Anak disini.
Program observasi ini berjalan selama 2 minggu (23 Desember 2013 - 3 Januari 2014) selama 4 jam per hari. Pada hari terakhir Ayah Eddy pun datang mengunjungi anak-anak di kelas dan membuat kelas tanya jawab dengan orangtua, lumayan aku bisa meraup ilmu selama dua jam dari beliau mengenai teknik berkomunikasi dengan anak sesuai tipe kepribadian masing-masing. Dan di akhir priode sesi Observasi kita (orangtua) mendapat jadwal Konsultasi Pribadi selama 2 jam tentang anak kita dan Laporan Observasi yang lengkap yang bisa membantu orang tua dan guru untuk menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat bagi Bob nantinya.
Ayah Eddy sedang menyampaikan teknik komunikasi sesuai tipe kepribadian anak
Selain itu para orangtua angkatan kelas ini membentuk komunitas dalam sebuah What's App Group yang dikelola oleh Mama Yuan (Mba Meity), dengan demikian selain silaturahmi tetap terjaga, mengingat peserta observasi banyak juga yang datang dari daerah, kami pun tetap bisa saling share mengenai ilmu parenting atau ilmu-ilmu lainnya yang berguna. Alhamdulillah ya, sesuatu !
Ini dia hasil 'jepretan' dari lokasi observasi Program Observasinya yang terletak di Jl. Ambon No 7 Nusa Loka BSD :
1. Orangtua Peserta Observasi

2. Kebun yang luas
3. Playground
Dengan mengikuti program ini, sekali lagi Alhamdulillah, akhirnya aku menemukan 'peta' untuk membantu Bob menemukan passionnya sejak dini.
Nah, ini dia laporan observasi Bob :
Identifikasi Kecerdaan Unggul :
1. Spasial :
Kecerdasan unggul pertama yang dimiliki oleh Bob adalah cerdas spasial. Anak dengan kecerdasan spasial memiliki ciri – ciri seperti : senang bermain balok kayu, menikmati kegiatan membuat karya, senang menggambar benda atau yang sesuai dengan imajinasinya dan mewarnai gambar. Bob sangat senang membuat bentuk bangunan dari balok kayu. Bob berada dalam tahap 6 yaitu anak menempatkan dua balok sejajar yang berjarak dan menghubungkan diantara dua balok dengan satu balok diatasnya , membentuk lengkungan atau jembatan. Bob juga menyukai kegiatan membuat karya. Selain itu pada saat Bob memilih kegiatan membuat komik, ia menggambar bentuk rel kereta api dan landasan pesawat .
2. Logis Matematis
Kecerdasan unggul kedua yang ada dalam diri Bob adalah cerdas logis matematis. Anak yang cerdas logis matematis memiliki ciri – ciri seperti : senang menghitung benda atau angka, senang menjelaskan masalah sesuai dengan logikanya, senang dengan kegiatan mengklasifikasikan benda, senang dengan kegiatan eksperimen. Anak yang memiliki cerdas logis matematis senang dengan kegiatan eksperimen. Selain itu, Bob juga senang menjelaskan masalah sesuai dengan logikanya, seperti pada saat Bob menjelaskan tentang lampu merah kepada guru “ Ini lampu merah namanya, warna merah itu berhenti hijau jalan terus kuning jalan pelan – pelan, kalau enggak ada lampu merah nanti mobil – mobilnya bisa tabrak – tabrak “ ucapnya menjelaskan. Demikian juga pada saat diluar sedang hujan Bob berkata “ Hujan itu dari air pantai, terus jadi awan – awan yang banyak abis itu jadi hujan “papar Bob. Bob menyukai kegiatan mengklasifikasikan benda dan menghitung angka.
3. Naturalis
Kecerdasan unggul ketiga yang ada dalam diri Bob adalah cerdas naturalis. Anak yang memiliki kecerdasan naturalis memiliki ciri – ciri seperti : senang berada dialam terbuka, senang dengan kegiatan menanam dan berkebun dan peka terhadap bentuk alam. Anak yang memiliki kecerdasan naturalis senang berada dialam terbuka hal ini terlihat dalam diri Bob, ia lebih senang bermain di playground atau dikebun sekolah. Bob juga peka dengan bentuk – bentuk alam, seperti pada saat hari sedang hujan Bob terlihat menikmati hujan seraya berkata, “Ada angin, airnya jatuh-jatuh dari atas.“. Bob terlihat menikmati kegiatan menanam dan memanen kangkung. Bob melakukannya dengan antusias mengambil kangkung bersama gurunya.
Identifikasi Gaya Belajar :
1.
Visual
Gaya belajar Bob yang pertama adalah
visual, gaya belajar visual adalah cara termudah menerima informasi dengan cara
melihat dan mengamati objek. Gaya belajar visual memiliki ciri – ciri seperti :
senang dengan objek yang berwarna – warni, menyala dan bergerak, apabila
bertemu dengan lingkungan atau orang yang baru dikenal maka ia akan mengamati
dan memperhatikan keadaan sekitarnya, seperti pada saat hari pertama kegiatan
observasi Bob belum mau masuk kedalam kelas ia terlebih dahulu memperhatikan
keadaan sekitar tempat kegiatan observasi setelah ia merasa nyaman dihari
berikutnya Bob sudah mau masuk kelas.
Catatan : selalu menjaga jarak yang nyaman untuk anak.
Catatan : selalu menjaga jarak yang nyaman untuk anak.
2.
Kinestetis
Kombinasi gaya belajar Bob selanjutnya
adalah kinestetis, gaya belajar kinestetis adalah cara termudah menerima
informasi dengan cara melakukan gerakan tertentu. Anak dengan gaya belajar
kinestetis memiliki ciri – ciri seperti : belajar dengan cara melibatkan fisik,
selalu menempatkan diri sedang bergerak, kurang suka duduk terlalu lama dan
cenderung kurang hati – hati saat bergerak. Bob senang belajar dengan cara
melibatkan fisik. Bob berjalan mengelilingi kelas dan ia beberapa kali ia mengubah posisi
duduknya dari kursi kemudian duduk dilantai. Bob juga terkadang kurang hati –
hati saat sedang bergerak, seperti pada saat ia sedang berlari dan secara tidak
sengaja ia menjatuhkan tas milik temannya. Bob kurang suka apabila duduk terlalu lama tanpa
melakukan sesuatu biasanya Bob akan memegang suatu benda atau menggerakkan
badannya.
Catatan : berikan keleluasaan untuk bergerak, tidak perlu menyuruhnya duduk manis
Catatan : berikan keleluasaan untuk bergerak, tidak perlu menyuruhnya duduk manis
Identifikasi Gaya Kepribadian :
1. Koleris
Kepribadian dominan yang ada dalam diri Bob adalah
koleris. Anak dengan kepribadian koleris memiliki ciri – ciri seperti :
memiliki jiwa pemimpin, memiliki tekad dan pendirian yang kuat serta selalu
ingin segera saat melakukan sesuatu.
2. Melankolis
Perpaduan kepribadian Bob selanjutnya adalah melankolis.
Anak melankolis memiliki ciri – ciri seperti : sangat teliti, rapi, memiliki
perasaan yang halus dan peka terhadap
lingkungan sekitarnya. Bob peka terhadap lingkungan yang ada
disekitarnya.
Menangani anak dengan kepribadian koleris dan melankolis harus dengan sikap yang lembut tapi tegas. Bersikap antusias, ramah, ceria, mendengarkan dan bertanya, serta berikan pilihan dan harus konsisten. Selain itu bersikap lembut dan memberikan kenyamanan dengan cara sentuhan dan kelembutan (memeluk, membelai), tunjukkan padanya bahwa kita selalu ada untuknya.
Menangani anak dengan kepribadian koleris dan melankolis harus dengan sikap yang lembut tapi tegas. Bersikap antusias, ramah, ceria, mendengarkan dan bertanya, serta berikan pilihan dan harus konsisten. Selain itu bersikap lembut dan memberikan kenyamanan dengan cara sentuhan dan kelembutan (memeluk, membelai), tunjukkan padanya bahwa kita selalu ada untuknya.
Kontinum Otak : Bob cenderung berotak Kanan
Kita hidup dalam masyarakat
yang sangat menghormati orang-orang yang “ dominan menggunakan otak kirinya.”
Anak sekolah yang dominan menggunakan
otak kirinya, yang mudah mengingat nama, pandai berhitung dan bekerja secara
teratur dan rapi akan dipuji dan diberikan bintang disebelah namanya. Anak yang dominan menggunakan otak
kanan, yang melamun dan memandangi awan-awan dilangit,lebih suka mengarang
daripada belajar, disuruh pulang dengan catatan ketidakdisiplinan.
Marillee Zdenek, The Right Brain Eperience
Cara Penanganan Anak
Berotak Kanan
1.
Kenali ciri-cirinya terlebih dahulu :
·
Terlambat bicara dari usianya,
makin terlambat makin ke kanan
·
Imajinasi cepat
·
Sulit membaca terutama
bersuara, lebih nyaman dalam hati
·
Lebih menonjol di lisan, biasanya tidak tertarik pada kegiatan tulis menulis
·
Target tidak selesai, karna
perlu ketenangan
·
Diberi batas waktu panik
·
Tidak suka diperintah
·
Hanya ingin dengan apa yang
ingin dikerjakan
·
Sulit mengeja dan menghitung, mengeja
melompat
·
Berpikir dengan gambar
·
Sulit mengikuti pelajaran
karena biasanya pelajaran dirancang untuk anak otak kiri
·
Sulit berbicara secara teratur
karena cara berpikirnya random
·
Lebih aktif organ tubuh kiri
(kidal)
·
Peka, sensitif, emosional &
meledak-ledak
·
Sulit menyusun kata
·
Mudah menghafal tempat
·
Jika berbicara sering tidak
nyambung dengan pertanyaan
·
Sering berbicara sendiri karna
berpikir imajinasi
·
Jika bercerita seolah-olah
nyata
·
Dapat Konsentrasi jika ia
tertarik
·
Sering terlihat melamun
·
Kurang senang mencatat dan
lebih senang menggambar
·
Membaca sering terlompati
beberapa kata
·
Jika diberikan waktu untuk
memahami maka dapat membaca dari belakang sama cepatnya dengan dari depan.
·
Dapat mencari jalan baru untuk
mencari jalan
·
Senang dengan rancang bangun
seperti lego & puzle
·
Keluar dari kelompok lebih
nyaman bekerja sendiri atau secara individual
·
Sulit mengeja
·
Mengenal jenis secara detail
·
Sulit membedakan huruf b dan d
·
Menulis terbalik-balik
·
Sulit mengerjakan matematika,
tetapi akan mudah jika diberikan analogi konkretnya
2. Anak
berotak kanan sering terlihat melamun, saat mereka sedang melamun yang harus
kita lakukan adalah mengajaknya berkomunikasi sesuai dengan kepribadiannya. Berikan kesempatan untuk berpikir dengan
caranya, yaitu membayangkan terlebih dahulu (terlihat seperti melamun &
lambat)
Sebenarnya ia sedang merekam dalam bentuk gambar
3. Anak
yang dominan menggunakan otak kanannya biasanya senang berimajinasi, bahkan
pada saat ia bercerita ceritanya seolah-olah nyata, ia juga sering berbicara
sendiri atau berbicara dengan teman dalam imajinasinya. saat kita menemukan hal
tersebut, kita tidak usah khawatir, yang harus kita lakukan adalah masuk ke
dunia mereka, ikut terlibat saat mereka berimajinasi. contohnya:
- Berimajinasi
melalui gambar yang dibuatnya
Pada saat kita menemukan
anak yang mengimajinasikan gambar yang dibuatnya, yang harus kita lakukan
adalah
-
Mendengarkan ceritanya dengan
antusias dan ekspresif, walaupun terkadang tidak sesuai dengan pemikiran kita,
-
Dengarkan terlebih dahulu
sampai ia selesai,
-
Berikan pendapat dan tanyakan
kembali pendapat mereka,
-
Terus gali cerita mereka,
Contoh : “Mama,
aku buat kota di atas laut, nanti kendaraannya perahu, ini dibuatnya dari baja
supaya air laut tidak terlalu banyak masuknya. Nanti ada pelindungnya,
pelindungnya pintu, pintunya bisa dibuka dan ditutup”.
Berikan tanggapan
positif tentang cerita anak tersebut, kemudian tanyakan lebih dalam bangunan
yang ia ingin buat lebih detail lagi.
B. Berimajinasi melalui sesuatu yang ia lihat
Mama : "Bob sedang bermain apa?”
Bob : “Mam ada ulat, ulatnya berjalan...ihhh
besar Mam banyak bulunya hati-hati ya Mam, pohon apel ini banyak ulatnya,
lihat aku jadi gatal-gatal terkena bulunya, ada bedak tidak Mam?
Mama : Wah...Bob sedang membayangkan ulatnya
bisa bergerak ya? Betul Bob kalau kita terkena bulunya kita bisa gatal-gatal.
Bob hebat sekali, tapi ini tidak apa-apa, ini hanya gambar saja.
Kemudian kita
tanya lagi lebih dalam tentang macam-macam ulat, metamorfosis kupu-kupu dll.
Kita bahkan dapat memasukan berbagai macam pelajaran dalam imajinasinya.
3. Anak
yang berotak kanan biasanya hanya tertarik pada apa yang mereka sukai, maka
sebagai orang tua atau guru,
kita harus mengetahui ketertarikan anak atau siswa-siswa kita agar
pembelajaran yang kita berikan dapat mereka pahami melalui ketertarikan mereka,
misalnya: Bob sangat menyukai gambar,
agar Bob tertarik pada pembelajaran yang dipelajari, yang dapat dilakukan
orangtua adalah membuat media pembelajaran yang menarik dalam bentuk audio visual
contoh : gambar yang berwarna-warni. Mama juga dapat memberikan kesempatan pada
Bob untuk menggunakan gambar atau simbol sebagai pasword untuk mengingat
materi pembelajaran.
4.
Anak otak kanan menyukai
kegiatan yang variatif, mereka tidak menyukai
rutinitas yang monoton. Siapkan kegiatan yang variatif dan
menyenangkan. Pembelajaran yang dibuat dan di kemas kedalam sebuah
permainan yang menyenangkan atau posisi duduk dibuat variatif, misalnya boleh
duduk di karpet, kursi berbentuk U, dan sebagainya.
5.
Anak yang berotak kanan juga kurang menyukai kegiatan
membaca, menulis dan menghitung yang terlalu banyak. Kita sebagai orang tua atau guru, tidak harus memaksanya, kita dapat
mensiasatinya dengan memintanya bercerita atau menggambarkan pendapatnya. Sebaiknya penilaian
tidak hanya terpaku pada tulisan saja, tetapi anak dapat
mengungkapkannya melalui gambar, lisan, atau tindakan.
6.
Untuk mengajari mereka membaca dan menulis, gunakan
metode yang lebih menarik seperti games atau melalui ketertarikan mereka.
contoh : untuk anak yang senang dan tertarik dengan kegiatan yang melibatkan
fisiknya. sediakan pembelajaran yang aktif yang dapat menyalurkan energinya,
contoh, games berburu kata atau kalimat, dengan cara tersebut mereka akan lebih
mudah memahami apa yang kita sampaikan. Materi yang disampaikan akah lebih
mudah dipahami anak berotak kanan dalam bentuk sebuah aktivitas yang melibatkan
fisiknya, seperti : Praktek, eksperimen, belajar dari alam, beri kesempatan
pada anak untuk mencari informasi melalui internet dan perpustakaan.
7.
Libatkan mereka disetiap kegiatan dan ajak mereka untuk
mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat menuangkan
ide-idenya dan dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Hargai setiap pendapat
anak.
8.
Ajari anak-anak untuk membuat mind mapping dalam memahami
materi pembelajaran.
9.
Biasanya anak berotak kanan lebih cepat bosan dalam
mengikuti kegiatan yang terlalu monoton, maka berikan jeda waktu istirahat
untuk memulihkan motivasinya dalam melakukan kegiatan.
10.
Bersabarlah dalam menghadapi anak berotak kanan, karena
biasanya anak berotak kanan membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang lain
untuk menyelasaikan tugas yang diberikan oleh guru ( walaupun ia akan lebih
cepat mengerjakan sesuatu jika ia tertarik).
11.
Jangan mempunyai target yang terlalu tinggi, misalnya
dalam hal tulisannya yang harus rapi, selesai tepat waktu, menggambar tidak
melewati garis. (Bukan berarti dia bodoh)
12.
Anak berotak kanan berpikir dengan bentuk tiga dimensi,
maka mereka membutuhkan kegiatan yang bukan hanya tulis menulis dan hafalan
akan tetapi mereka membutuhkan kegiatan yang real.
13.
Jika pada saat guru mengajar atau orang tua ingin serius, lalu anak berotak kanan
berulah, maka jangan menyalahkannya akan tetapi evaluasilah cara kita berkomunikasi dengan dia atau cara mengajar kita, apakah
sudah sesuai dengan kebutuhannya. contoh : Pada saat kita mengajar ada anak
yang melamun sambil berimajinasi dan berpaling dari kita dan tidak
memperhatikan serta lebih asyik main sendiri, maka masukkan materi ke dalam
ketertarikannya. contohnya : anak ini suka dengan binatang maka hubungkan
materi dengan binatang untuk
mengalihkan perhatiannya pada materi.
14.
Biasanya anak berotak kanan mempunyai perasaan yang lebih
sensitif. contohnya pada saat melihat
binatang yang disakiti, ia akan mudah
tersentuh bahkan menangis. Hal itu terjadi karena anak berotak
kanan lebih peka terhadap lingkungan.
15.
Hal paling penting untuk menghadapi anak yang berotak
kanan adalah
·
berpositif thinking karena mereka adalah calon-calon
kreator.
·
Berikan
kesempatan untuk berpikir dengan caranya.
·
Memahami
dengan tahapan merekam secara utuh baru kemudian dipecah ke detail (Global ke
detail) contohnya membaca per kata dulu baru per suku kata (BUKU direkam secara
utuh baru kemudian memecah suku katanya BU – KU)
·
Membutuhkan
waktu yang lebih lama daripada anak-anak yang menggunakan dominan otak kiri,
namun kemampuannya akan meningkat jika kita memberinya waktu.
·
Lebih
lembut dan sabar saat berbicara dengannya karna ia tidak suka dengan nada keras
(dibentak)
·
Nada
suara tidak dalam bentuk perintah dan tidak dengan nada tinggi
·
Bersikaplah
tegas saat ia melakukan perilaku negative, tunjukkan ekspresi wajah marah atau
tidak suka dengan perbuatannya sambil tatap matanya
·
Lakukanlah
dengan konsisten dan tuntas (tidak setengah-setengah atau tidak selesai) dan
komitmen yang tinggi.
·
Memberikan
alasan untuk setiap hal yang akan diajarkan
·
Tidak
terlalu banyak melarang kegiatan positif yang menjadi ketertarikannya, karna
disitulah ia belajar
·
Tidak
membandingkan ia dengan orang lain, karena akan menghancurkan harga dirinya.
Taukah
anda siapa mereka ?
o AGATHA CHRISTIE Penulis Novel misteri (Inggris)
Waktu kecil, memiliki kelemahan : Lambat menerima
pembelajaran (Learning
disability)
o MARADONA Pemain Bola terbaik dunia
Kelemahan : Mengalami Gangguan Emosi
o LOUIS PASTEUR Penemu 1800 vaksin termasuk rabies
Kelemahan : Penderita ADD
o LEONARDO DAVINCI Pelukis fenomenal Monalisa
Kelemahan : Dislexia
Share with love ^_^
Assalamualaikum... kalau mau mengikutkan anak ke program ini bagaimana caranya ya?
BalasHapusTerima kasih sebelumnya
082111313631 (w.a)
Wa'alaikumsalam, Mbak Adralia...
HapusProgram ini biasanya diselenggarakan bertepatan dengan libur sekolah (pertengahan tahun) atau akhir tahun (Desember). Dulu saya ikut program ini ketika masih diselenggarakan di BSD. Setahu saya sekarang program ini bertempat di Bali. Untuk lebih jelasnya, Mbak bisa menghubungi 'Ayah Edy Management' di nomor 0856-9497-5174 / 0856-1997-244 pada jam kerja.
Atau mbak bisa juga cek info lain melalui Star International School yang di Kranggan Cibubur.
Terima kasih sudah mengunjungi blog ini ^^
Semoga bermanfaat.
Salam,
Shinta
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusIjin Share bunda
BalasHapusIjin Share bunda
BalasHapusTerima kasih sharingnya bunda,sangat bermanfaat untuk saya yg kebetulan jg punya anak dominan otak kanan
BalasHapusSlots from Mohegan Gaming & Entertainment & Mohegan
BalasHapusAt 남양주 출장샵 MGM's Wolf Den, all the fun never stops. You can't 김포 출장안마 go 군산 출장마사지 wrong 동두천 출장안마 with our fun-filled Wolf Den poker room and our free slots 거제 출장안마 from Mohegan Gaming & Entertainment